Sabtu, 15 Agustus 2015

Sekilas Tentang Suku Dayak Kalimantan



Suku dayak merupakan suku terbesar yang ada di kalimantan. Dimanapun berada, selama ada di kalimantan maka Anda akan menjumpai suku dayak. Walaupun saat ini masih saja ada yang mengira bahwa banyak suku dayak tinggal di pedalaman, namun jika Anda pernah ke kalimantan maka Anda akan menjumpai suku dayak hadir di kota-kota besar tidak hanya ada di daerah terpencil.

Berbicara tentang suku dayak, maka tak akan pernah lupa dengan sosok wanita-wanita yang ada di pulau borneo. Ya, kecantikan gadis dayak yang mempesona yang membuat banyak pria luar kalimantan sering dibuat jatuh cinta. Kecantikan gadis kalimantan memang terlihat natural karena memang sudah dari jaman dahulu gadis dayak memiliki kulit yang putih dan bersih.

Ada sedikit cerita mengapa gadis dayak memiliki kecantikan natural, ada 2 versi yang akan saya jelaskan yaitu versi cerita nenek moyang dan cerita asal usul suku dayak yang akan menggambarkan kecantikan gadis dayak.

1. Cerita Nenek Moyang
Di desa saya, memang di huni secara mayoritas oleh orang dayak yang tentunya , mereka semua memiliki kebun karet dimana, karet menjadi komuditas utama bagi masyrakat dayak di desa saya, termasuk nenek saya sendiri yang juga orang dayak. Bagi seorang pekerja di kebun karet hanya membutuhkan waktu yang cukup sedikit untuk bekerja , nenek saya sendiri bekerja jam 5 subuh hingga jam 8 pagi untuk memanen karet.

Konon kabarnya, pada jaman dahulu karena tingkat pekerjaan suku dayak yang seperti itulah, maka jarang sekali terkena sinar matahari yang berlebihan sehingga membuat banyak keturunan dayak memiliki kulit yang putih dan bersih.

Apakah ini kebenarannya? saya pikir ini hanya mitos yang ada di suku dayak yang telah ada turun temurun di keluarga saya secara khususnya.

2. Certia Asal Usul
Jika anda pernah ke kalimantan, maka anda tak heran jika menyebut gadis dayak mirip dengan orang tionghoa karena sebagian besar gadis dayak secara khusus adalah dayak kalimantan timur memang memiliki tingkat kemiripan yang menyerupai dengan orang tionghoa. Karena jika di lihat dari asal usulnya, maka suku dayak memang memilki garis keturunan dengan orang tionghoa, tepatnya sekitar pada tahun 3.000 - 1.500 sebelum masehi terjadi sebuah migrasi besar-besaran dari provinsi Yunan menuju ke asia tenggara yaitu Indonesia ( kalimantan). 

Itulah 2 kisah dibalik kecantikan gadis dayak berupa mitos dan fakta, namun yang paling penting dari semua itu adalah bagiamana gadis dayak yang memiliki kecantikan secara fisik tersebut dapat dibarengi dengan kecantikan sikap dan hati yaitu sopan santun dan tata krama.


Disisi lain suku dayak lebih terkenal karena tariannya yang sering sekali tampil di pentas internasional, namun ada hal yang menarik mengenai suku dayak di mata dunia selain budaya suku dayak. Berdasarkan berbagai sumber, penulis ternyata menemukan ada 5 hal yang menakutkan mengenai suku dayak yang sedikit menggertakan gigi ketika mereka mendengar tentang suku dayak. Apa saja 5 hal tersebut ? berikut ulasannya : 

1. The Ghost Warrior
Suku dayak mempunyai The Ghost Warrior, atau dalam bahasa Indonesia dapat di artikan prajurit hantu dan seperti itu lah yang mereka ketahui tentang suku dayak. Apa benar suku dayak mempunyai prajurit hantu ? mungkin anda telah mengetahuinya siapa sebenarnya prajurit hantu ini. Ya, The Ghost Warrior is pangkalima burung atau panglima burung. Perawakan panglima burung yang masih misterius bagi masyrakat Indonesia menjadikan pangkalima burung bak prajurit hantu yang siap menyerang siapa saja yang melecehkan suku dayak untuk melindungi tanah borneo.

#2. Humans With Full Tattoo
Nah, untuk yang kedua ini sepertinya tidak menyeramkan. Di mata dunia, tato pada suku dayak yang ada hampir menyelimuti tubuh suku dayak adalah sebuah karya seni. Sepertinya perlu di koreksi bahwa tidak semua masyarakat suku dayak mentatto seluruh tubuhnya. 

#3. The Deadly Sword
Pedang mematikan ? awalnya penulis kebinggungan tentang hal menakutkan ini, karena suku dayak tidak memiliki pedang. Ternyata yang mereka maksud pedang mematikan ini adalah Mandau / Parang. Lucu, karena pedang dan mandau adalah hal yang berbeda. tapi penulis dapat menangkap maksud yang sebenarnya dari sumber tersebut. Pedang mematikan ini adalah pedang magis yang dapat membunuh siapapun tanpa rasa kasihan. 

#4. Poisonous Chopsticks
Selain mandau terbang, hal menakutkan suku dayak di mata dunia adalah sumpit beracun. Entah apakah sumpit beracun masih ada atau tidak untuk saat ini, namun sumpit beracun suku dayak telah menjadi sejarah tersendiri bagi masyarakat dayak pasa masa penjajahan di masa lalu. 

#5. Dangerous Magic
Untuk yang ke lima benar-benar menakutkan bagi mereka. Suku dayak memiliki kekuatan magis yang sangat berbahaya yang menjadikan suku dayak sebagai salah satu dari 5 suku paling di takuti di dunia karena sihirnya. Sedikit berlebihan sih, tapi untuk pengingat saja bahwa tidak semua suku dayak memiliki kekuatan-kekuatan magis seperti yang ditakutkan oleh seluruh dunia termasuk Indonesia. Hanya segelintir orang dari suku dayak saja yang memiliki kekuatan seperti itu.

Itulah 5 Hal Menakutkan Suku Dayak di Mata Dunia. Ada yang benar, ada yang salah kutip dan ada yang berlebihan, tapi secara umum mengambarkan sedikit mengenai suku dayak, walau sebenarnya masih banyak tentang suku dayak yang masih belum di ketahui oleh orang-orang Indonesia, terlebih lagi orang luar Indonesia. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar